10 Wisata Kuliner Solo Wajib Dicoba Jika Mampir di Kota Budaya

Jika Anda mengunjungi sebuah tempat atau kota, cobalah untuk mencicipi kuliner khasnya. Kegiatan seperti ini biasanya disebut sebagai wisata kuliner. Tak terkecuali jika Anda berkunjung ke kota Solo, sempatkanlah untuk menjelajahi wisata kuliner solo.

Terdapat banyak makanan khas kota Solo yang bisa dengan mudah ditemui, terutama di tempat-tempat wisata. Mulai dari tengkleng, timlo, sup matahari, serabi, selat solo dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah 10 tempat rekomendasi wisata kuliner di Solo yang wajib Anda kunjungi.

Selat Solo Mbak Lies

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar namanya, tentu bingung dengan kuliner bernama Selat ini. Selat adalah kuliner khas Solo yang terdiri dari daging giling, ditambah sayuran serta ditambahkan kuah di atasnya. Salah satu Selat Solo yang paling legendaris adalah Selat Solo Mbak Lies.

Soto Gading

Butuh makanan berkuah yang segar di siang hari, maka cobalah untuk mencicipi Soto Gading. Ciri khas utama soto yang satu ini adalah kuahnya yang banyak rempah-rempah namun berwarna bening. Soto Gading bisa ditemukan di sisi Alun-Alun Kraton Solo.

Serabi Notosuman

Yang satu ini adalah oleh-oleh khas Solo yang bisa Anda bawa pulang. Serabi adalah kue manis berbentuk bulat pipih yang terbuat dari campuran gula, susu dan santan. Serabi Notosuman adalah yang paling terkenal. Anda bisa menemui kedai Serabi Notosuman di berbagai titik-titik di Kota Solo.

Baca Juga :  Tempat Nongkrong Di Jakarta Barat Murah Hemat Di Kantong

Dawet Telasih Pasar Gede

Sesuai namanya, kuliner murah yang satu ini hanya bisa ditemui di Pasar Gede. Dawet telasih terbuat dari telasih, ketan hitam, tape hitam yang dicampur kuah gula merah. Rasanya menyegarkan, Anda pun tak perlu merogoh kocek dalam karena harganya hanya Rp 5000.

Sate Mbok Galak

Sate yang dihidangkan di Warung Sate Mbok Galak ini memiliki menu khas, yakni Sate Buntel. Sate Buntel adalah sate daging kambing yang dibungkus (dibuntel) dengan lemak sehingga tampak lebih besar ketimbang sate biasanya. Warung Sate Mbok Galak cocok untuk menjadi menu makan siang.

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Selain es dawet telasih yang ada di Pasar Gede, jangan lupa untuk mencoba juga Es Gempol Pleret Pak Suhar yang berlokasi di sebelah Masjid Tegalsari Solo. Gempol dibuat dari tepung beras. Sedangkan pleret adalah campuran dari gula jawa dan tepung beras.

Timlo Sastro

 

Saat mengunjungi Pasar Gede, Anda juga bisa mencoba Timlo Solo yang ada Timlo Sastro. Timlo adalah makanan khas Solo yang berisi macam-macam komponen seperti telur, sosis solo yang dicampur kuah bening. Timlo ini rasanya menyegarkan sekaligus gurih.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini Rekomendasi 6 Seblak Terenak di Bandung

Tengkleng Bu Edi

Makanan khas solo dengan olahan daging yang patut dicoba selanjutnya adalah tengkleng. Dan yang cukup legendaris adalah Tengkleng Bu Edi yang terletak di dekat Pasar Klewer. Yang menjadi khas dari tengkleng Bu Edi adalah penyajiannya yang menggunakan daun pisang.

Tahok Pak Citro

Tahok adalah jajanan yang terdiri dari olahan kacang kedelai yang berwarna putih yang disiram dengan kuah gula jawa. Tahok sebenarnya berasal dari kata Tao Hoa, yang berarti kacang kedelai. Cobalah untuk mencicipi Tahok Solo Pak Citro yang ada di Pasar Gede

Pecel Ndeso

Satu lagi kuliner yang menjadi salah satu kuliner solo Instagram yang banyak diperbincangkan yakni Pecel Ndeso. Pecel ini bisa Anda temui di daerah Mangkubumen. Pecel ini terdiri dari beberapa bahan seperti nasi merah, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang.

Itulah beberapa wisata kuliner solo yang paling direkomendasikan. Berkunjung ke Solo tak lengkap rasanya bila tak mencicipi kuliner yang sudah disebut di atas tadi. Tidak hanya mengetahui sejarah dan budaya kota Solo, Anda juga bisa mencicipi hidangan khas yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *