15 Aneka Jajanan Khas Bandung yang Enak dan Nikmat

Aneka jajanan khas Bandung cukup beragam dan selalu membuat ketagihan para penikmatnya. Mulai dari kering, basah, serta rasa yang manis, gurih, sampai pedas bertingkat sesuai selera.

Selain keunikan potensi wisata dan kesenian, Bandung juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya. Beberapa aneka makanan khas Bandung berikut ini telah menyebar di seluruh Nusantara.

Kue Cubit

Kue imut yang dicubit setelah matang ini bercita rasa manis dan terbuat dari adonan terigu dan susu. Berbagai topping di atasnya membuat salah satu aneka kue khas Bandung tersebut memiliki varian rasa yang beragam.

Baso Tahu

Makanan ini biasa disebut dengan siomay, jajanan yang disiram sambal kacang dan perasan jeruk nipis. Isinya berupa sayuran yang dikukus, seperti tahu, kol, pare, siomay serta telur rebus dan bakso ikan.

Es Cendol

Es cendol memiliki rasa manis yang berasal dari gula merah dan disajikan bersama potongan nangka. Cendol terbuat dari tepung beras, hunkwe, kanji serta air yang berasal dari daun suji, daun pandan dan kapur sirih.

Cimol

Cimol adalah salah satu aneka jajanan anak sekolah khas Bandung yang nikmat dan sangat populer. Makanan ringan dari tepung kanji ini disajikan bersama taburan berbagai rasa  sesuai selera di atasnya.

Baca Juga :  6 Martabak Paling Enak di Jakarta yang Wajib Dicoba

Mie Kocok

Mie kocok Bandung berasal dari mie kuning yang disajikan dengan kaldu sapi khas kota Bandung. Beserta irisan kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, taburan daun bawang, seledri dan bawang goreng.

Bubur Ayam

Menu sarapan khas Bandung dengan rasa yang gurih ini biasa disantap dengan sambal, kecap serta kerupuk. Topping sajiannya adalah suwiran daging ayam, seledri, kedelai dan bawang goreng yang disiram dengan kuah khusus.

Batagor

Olahan bakso tahu goreng yang biasa dijadikan sebagai jajanan anak SD di Bandung yang enak, gurih dan krenyes. Berasal dari campuran daging ikan tenggiri dan tepung tapioka yang dimakan bersama bumbu kacang.

Bolen

Jajanan bolen pisang khas Bandung ini merupakan perpaduan antara pisang bersalut margarin dan pastry legit. Sebagai oleh-oleh, bolen bisa diisi dengan lelehan coklat, keju bahkan potongan pisang itu sendiri.

Tahu Susu

Tekstur lembut dari tahu susu khas Lembang akan meleleh saat disantap dan memiliki rasa yang gurih. Karena berasal dari campuran susu sapi murni, mentega, kacang kedelai, biang tahu dan bahan rempah lainnya.

Seblak

Seblak adalah salah satu dari aneka jajanan pedas khas Bandung yang menjadi makanan favorit anak muda. Toppingnya berupa dorokdok atau kerupuk kulit sapi dan ceker rebus yang dipadukan dengan kuah pedas.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Kuliner Malam di Jogja Lezat dan Terjangkau

Comro

Comro atau oncom di jero merupakan kuliner khas Jawa Barat yang berisikan sambal oncom. Isian tersebut dimasukkan dalam bulatan parutan singkong yang kemudian digoreng.

Misro

Makanan khas Bandung yang menggunakan parutan buah kelapa dan singkong sebagai bahan utama. Kemudian diisi dengan gula merah lalu bulatkan dan goreng sampai kecoklatan.

Cireng

Makanan dari daerah Sunda berupa tepung kanji goreng yang dihidangkan bersama sambal rujak atau saus. Adonannya terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan tepung terigu, merica, bawang, kedelai dan sebagainya.

Cilok

Aneka jajanan anak khas Bandung lainnya adalah cilok yang terbuat dari tepung kanji dan dapat ditemukan di manapun. Selain itu juga ada yang diberi isian berupa daging, abon telur puyuh dan cabai rawit di dalamnya.

Basreng

Keripik basreng adalah camilan khas Sunda dengan cita rasa gurih dan terbuat dari olahan bakso ikan yang digoreng. Memiliki beragam variasi level kepedasan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Itu beberapa daftar aneka jajanan khas Bandung yang wajib Anda coba sebagai camilan yang sehat dan enak. Panganan tersebut telah dapat ditemukan di berbagai tempat di Bandung sampai daerah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *