5 Minuman Khas Betawi Paling Populer

Jalan-jalan ke ibu kota rasanya tidak lengkap bila tidak dibarengi dengan wisata kuliner. Jika Anda sudah mencicipi berbagai makanan lezat khas Betawi, jangan lupa untuk mencoba minumannya juga.

Ada banyak pilihan minuman nikmat dan menyegarkan. Ada juga yang cocok diminum untuk menghangatkan badan.

Masih bingung ingin pilih yang mana? Berikut adalah 5 minuman khas Betawi paling populer yang wajib Anda coba bila sedang berkunjung ke Jakarta.

Bir Pletok

 

Anda pasti tidak asing dengan minuman legendaris yang satu ini. Minuman khas Betawi Bir Pletok memiliki warna merah segar dan kaya akan campuran rempah.

Umumnya, minuman ini terbuat dari jahe merah, kapulaga, pandan, dan serai. Rasanya manis dengan tambahan pemanis alami seperti gula merah.

Meski namanya terdengar seperti minuman beralkohol, tetapi bir pletok tidak akan membuat Anda mabuk. Justru, minuman tradisional yang telah ada sejak zaman Belanda ini memiliki banyak khasiat.

Masyarakat Betawi biasa meminumnya untuk mengatasi insomnia. Bisa juga untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi nyeri lambung, hingga menghangatkan badan.

Bir Pletok bisa disajikan hangat atau bisa juga ditambahkan es batu bila cuaca sedang terik.

Es Doger

Es Doger merupakan minuman segar yang paling banyak digemari. Minuman dingin yang satu ini terbuat dari serutan es bercampur santan, kemudian disajikan bersama potongan tapai singkong, roti tawar, siraman sirup dan susu kental manis.

Baca Juga :  Kopi Luwak, Kopi Dengan Cita Rasa Unik

Asal nama dari minuman berwarna-warni ini pun terbilang unik. Kata “Doger” yang terdapat pada nama minuman ini sebetulnya berasal dari Dorong Gerobak, karena dahulu sekali minuman es ini pertama kali dijajakan dengan menggunakan gerobak dorong.

Sekarang pun masih banyak yang mendagangkan Es Doger dengan menggunakan gerobak. Tidak hanya itu, Es Doger juga sudah menjadi pilihan menu di banyak rumah makan hingga restoran. Anda bisa dengan mudah menemukannya di seluruh kawasan Jakarta.

Kopi Jahe

Kopi yang satu ini bukanlah minuman kopi biasa. Minuman hangat khas Betawi ini disajikan dengan campuran rempah, yaitu jahe.

Kopi Jahe sudah digemari sejak lama, terutama oleh kalangan Betawi berdarah campuran Arab. Bahkan dulunya, minuman ini hanya disajikan pada saat acara-acara penting saja karena dianggap istimewa.

Masyarakat Betawi gemar mengonsumsi Kopi Jahe untuk menghangatkan badan. Bila Anda sedang ingin menikmati kopi ini, sebaiknya dikonsumsi pada saat cuaca sedang dingin agar badan terasa lebih hangat.

Es Selendang Mayang

Bila Anda sedang mencari minuman yang segar sekaligus mengenyangkan, Anda harus mencoba Es Selendang Mayang. Bahan utama es ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu yang diolah menjadi adonan seperti agar-agar dan dimasak. Setelah matang, adonan tersebut dipotong-potong menyerupai dadu.

Baca Juga :  Kopi Gayo, Kopi Asli Aceh Yang Mendunia

Biasanya minuman ini disajikan di dalam mangkuk bersama kuah santan dan gula merah cair. Rasanya gurih dan manis di saat bersamaan.

Minuman ini dinamai “selendang mayang” karena warna hijau dan merah pada agar-agar yang terlihat seperti selendang. Bila sedang ke Jakarta, Anda wajib mencicipi minuman khas Betawi yang hampir punah ini.

Es Campur Betawi

Tidak hanya kegemaran orang Jakarta, minuman asal Betawi yang satu ini bahkan sudah menjadi minuman favorit semua orang dan bisa dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Es Campur dibuat dari berbagai bahan yang dicampur menjadi satu. Bahan yang biasa digunakan adalah potongan buah, agar-agar, dan es batu. Agar terasa manis, Es Campur diberikan sirup atau susu kental manis.

Hal yang membuat Es Campur Betawi berbeda adalah sajianya yang biasa disertai dengan tambahan bubur sumsum. Tidak hanya segar, minuman dingin ini juga akan memberikan rasa kenyang di perut Anda.

Itulah 5 minuman khas Betawi paling populer yang wajib Anda cicipi bila sedang berkunjung ke Jakarta. Harganya murah dan dijamin rasanya mampu melepaskan dahaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *