10 Kuliner Malam Cirebon, Cocok untuk Kamu yang Kelaparan Tengah Malam

Cirebon dikenal tidak hanya memiliki wisata yang sarat akan budaya, namun kuliner yang juga melezatkan. Bahkan, tidak terbatas waktu pada siang hari saja, Anda juga bisa berburu kuliner malam Cirebon yang jenisnya bermacam-macam. Berikut ini beberapa jenis kuliner malam yang bisa ditemui di Cirebon.

Docang Pak Kumis

Penganan Cirebon yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga Anda, karena memang jarang dikenal ketimbang Nasi Jamblang atau Empal Gentong. Docang Cirebon adalah campuran lontong, daun singkong, toge yang disiram kuah oncom. Cobalah ke Docang Pak Kumis yang buka pukul 17.00-21.00

Empal Gentong Krucuk I

Kalau yang satu ini, Anda pasti langsung mengenali bahwa Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon. Olahan daging yang sekilas mirip dengan gule kambing ini dimasak dengan wadah bernama gentong. Jika berkunjung ke Cirebon, jangan lupa mampir di Empal Gentong Krucuk I yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi.

Nasi Jamblang Bu Nur

Selain dua makanan di atas, berburu kuliner malam khas Cirebon tak lengkap rasanya jika tak menjajal Nasi Jamblang. Nasi Jamblang adalah perpaduan nasi yang dipadukan dengan berbagai lauk sesuai keinginan Anda. Sempatkanlah mampir di Nasi Jamblang Bu Nur ketika Anda berada di Cirebon.

Baca Juga :  Kreasi Jajanan Pasar Tradisional yang Harus Dicoba

Nasi Lengko

Berwisata kuliner kuningan Cirebon di malam hari namun menghindari daging, Anda bisa menjajal menu bernama Nasi lengko. Panganan ini pada dasarnya mirip dengan tahu campur atau ketoprak, Tak ada daging-dagingan atau protein hewani, hanya tahu, toge, bawang yang disiram sambal kacang.

Sate Kalong

Sate Cirebon yang berikut ini namanya bisa dibilang agak ekstrim. Makanan ini adalah sate kalong. Tetapi jangan khawatir dulu bila makanan ini berasal dari kalong. Makanan ini adalah olahan daging kerbau. Sate Kalong kerbau ini memiliki dua pilihan rasa yakni sate manis dan sate asin.

Pedesan Entog

Kuliner pedesan entog ini sesuai namanya, memiliki rasa pedas sehingga cocok buat Anda yang memang penggemar rasa pedas di malam hari. Bumbu pedas dan cita rasa dari daging entog jadi kesukaan tersendiri bagi orang-orang yang memang mengaguminya.

Mie Colot

Kali ini adalah makanan yang cocok buat Anda para penggemar mie. Di Cirebon ada satu menu bernama Mie Colot. Ciri khas utama Mie Colot khas Cirebon adalah toppingnya yang bisa dipesan bermacam-macam, mulai dari bakso, otak-otak hingga pangsit goreng.

Bubur Sop Ayam

Jika di daerah lain, bubur ayam disantap pada pagi hari, maka bubur yang satu ini disantap pada malam hari. Makanan khas Cirebon Bubur Sop Ayam punya kekhasan sendiri sehingga banyak yang mencarinya pada malam hari. Berkunjunglah ke bubur sop ayam mang kapi untuk merasakannya.

Baca Juga :  Daftar Jajanan Khas Bali yang Lezat dan Terjangkau

Mie Petruk

Satu lagi penganan mie selain Mie Colot yang sudah dibahas di atas adalah Mie Petruk. Tampilan Mie Petruk seperti bakmi jawa dan dijual oleh tukang gerobak di pinggir jalan. Namun jangan remehkan cita rasanya, banyak pelanggan bermobil yang rela antre untuk mencicipi seporsi mie ini.

Serabi Pulasaren

Di Cirebon ada juga serabi, namun berbeda dengan yang ada di Solo, Serabi Pulasaren yang ada di Cirebon ini punya pilihan topping gurih seperti telur, oncom dan tauco. Serabi pulasaren bisa ditemui di kawasan Pulasaren, Pekalipan yang mulai menjual dagangannya pada dini hari.

Demikian beberapa jenis kuliner malam Cirebon yang bisa Anda coba saat berkunjung ke sana. Wisata kuliner di malam hari memberikan sensasi berbeda ketimbang wisata kuliner di siang hari. Yang jelas, pilihan menu-menu di atas bisa didapatkan dengan harga relatif murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *