Daftar Jajanan Khas Bali yang Lezat dan Terjangkau

Anda berkunjung ke Bali tapi masih bingung oleh-oleh apa yang bisa dibawa pulang? Atau anda ingin merencanakan destinasi wisata termasuk kuliner? Baca dulu daftar jajanan khas Bali di bawah ini untuk alternatif oleh-oleh dan destinasi anda.

Kaliadrem

Kaliadrem, jajanan Bali yang legendaris ini sangat digemari. Kaliadrem adala sajian yang dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa, air, gula merah dan garam. Tepung beras yang digunakan juga dibuat dengan cara ditumbuk, menambah nuansa tradisional dari Kaliadrem semakin terasa.

Kaliadrem juga jadi salah satu sajian pelengkap upacara Galungan di Bali. Harganya tak merogoh kantong dalam, jadi anda bisa memborongnya untuk oleh-oleh.

Laklak

Kue laklak khas Bali ini patut jadi salah satu yang anda beli untuk cemilan ataupun oleh-oleh. Kue laklak juga berbahan dasar tepung beras, yang kemudian diolah dan dibentuk mirip dengan serabi. Perbedaannya, laklak memiliki warna putih dan hijau dengan pewarna daun pandan dan suji.

Kue yang sering disebut jaje ini disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair. Keduanya turut menambah rasa legit di lidah saat dikunyah. Tak sulit menemukan laklak, bahkan kini sudah banyak yang mengkombinasikannya dengan berbagai taburan ala anak milenial.

Baca Juga :  5 Kuliner Malam Surabaya yang Memanjakan Lidah

Lukis

Tak kalah manis, jaje lukis hadir dengan tepung beras yang diolah lembut kemudian disiram cairan gula merah dan parutan kelapa. Bentuknya mirip dengan kue lupis ketan, tapi ukuran jaje lukis dibuat lebih kecil. Anda akan mudah menemukan jajanan ini di pasar tradisional Bali.

Pisang Rai

Selanjutnya, anda bisa memasukkan pisang rai di daftar belanja. Sudah tak menguras kantong, rasanya pun sangat lezat. Pisang menjadi bahan utamanya. Pisang dibungkus dengan balutan adonan yang dibuat dari tepung beras dan tepung tapioka kemudian dipotong-potong.

Jajan Bali pisang rai ini disajikan dengan santan yang menambah gurih. Sangat cocok untuk teman bersantai anda di teras pada pagi atau sore hari.

Jaje Godoh

Selain pisang rai, kuliner jajan Bali yang lain adalah jaje godoh. Bedanya, jika pisang rai disajikan dengan kuah, jaje godoh terdiri dari pisang yang digoreng (godoh biu). Namun, jaje godoh tidak hanya dibuat dari pisang. Banyak yang menyajikannya dengan tape, ubi maupun talas.

Orog-Orog

Orog-orog dikenal sebagai jajanan Bali dari singkong. Orog-orog memiliki citarasa yang manis dan membuat ketagihan penikmatnya. Dahulu orog-orog jadi makanan pokok, namun kini tergolong sulit untuk mencari penjualnya.

Baca Juga :  10 Kuliner Malam Cirebon, Cocok untuk Kamu yang Kelaparan Tengah Malam

Orog-orog disajikan dengan taburan parutan kelapa dan siraman gula merah. Karena bahan dasarnya singkong, orog-orog cocok dimakan sebagai pengganjal lapar di sore atau pagi hari.

Kacang Disco Bali

Nah, bagi anda yang suka makanan yang gurih dan pedas, kacang disko bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi, varian rasanya kini sudah beragam, mulai dari original, barbeque, udang, hingga keju. Kacang disco memiliki tepung yang lebih tebal sehingga sangat gurih ketika digigit. Cocok menemani anda bertugas atau menyetir di perjalanan.

Pie Susu

Tak ketinggalan, satu lagi jajanan yang bisa awet dan cocok untuk anda bawa sebagai oleh-oleh. Apalagi kalau bukan pie susu. Pie susu cukup terkenal di luar daerah Bali. Vla susu di bagian tengah pie membuat lidah tak ingin berhenti mengunyah. Lezat!

Itulah daftar jajanan khas Bali yang pastinya lezat dan terjangkau. Jadi, sekarang anda sudah mempunyai pandangan wisata kuliner dan oleh-oleh khas Bali. Tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *