Kreasi Jajanan Pasar Tradisional yang Harus Dicoba

Jajanan pasar tradisional sekarang ini telah menjadi makanan yang pas untuk dijadikan kudapan pada waktu-waktu bersantai. Padahal sebelumnya jajanan pasar hanya bisa ditemui ketika ada kegiatan hajatan tertentu. Hal ini dikarenakan sudah banyak penjual jajanan pasar memberikan sentuhan inovasi yang lebih modern.

Variasi jenis jajanan pasar, topping, dan bentuk inovasi lainnya membuat jajanan tradisional ini semakin diminati. Namun dari berbagai macam inovasi tersebut tetap mempertahankan ciri khas dan rasanya. Berikut ini beberapa jenis jajanan pasar tradisional yang populer dan banyak dicari.

Klepon

Kue tradisional paling populer ini punya karakter khas berupa bentuknya yang bulat dengan tekstur yang kenyal. Di dalamnya berisi gula merah. Namun sekarang ini sudah banyak variasi isi klepon yang membuatnya naik daun dan pas disantap untuk melengkapi obrolan di ruang tamu atau sekadar teman menonton.

Tidak hanya isi, warna dari klepon yang dulunya identik dengan hijau, sekarang ini bisa didapatkan dengan beragam warna yang menarik. Namun bahan dasarnya tetap dipertahankan, yaitu berupa tepung beras, karena itulah yang akan membuat karakter klepon terasa kenyal saat dimakan.

Lemper

Kue tradisional khas Jawa ini terbuat dari ketan dengan bungkus berupa daun pisang. Aroma khas yang ditimbulkan dari kombinasi daun pisang dan ketan ini menjadi ciri khas lemper dan terus dipertahankan.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Kuliner Malam di Jogja Lezat dan Terjangkau

Di dalamnya, terdapat isi yang bervariasi. Untuk variasi dari lemper ini bisa dilihat dari isinya. Yaitu berbagai macam jenis abon, cincangan berbagai macam daging, bahkan ada pula yang mengisinya dengan sosis.

Selain itu, penyajian dari lemper ini juga semakin bervariasi. Jika penyajian tradisionalnya tanpa tambahan apapun, namun sekarang ini Anda bisa menemukan lemper dengan topping dan saus.

Onde-onde

Primadona jajanan pasar yang satu ini semakin banyak yang menjualnya, mulai dari trotoar jalan, gerobak keliling, toko kue. Bentuknya yang bulat dengan taburan wijen di permukaannya menjadi karakter atau ciri khas dari onde-onde ini.

Dulunya onde-onde hanya sebesar kepalan tangan anak-anak, namun sekarang sudah banyak variasinya. Ada yang berukuran kecil sebesar biji salak, sedang, hingga sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Selain itu, di dalam onde-onde yang biasanya berisi pasta kacang hijau sekarang ini sudah ada yang membuatnya lebih modern. Ada yang mencampurkan kacang hijau tersebut dengan coklat, keju, dan lain sebagainya. Namun tetap mempertahankan kacang hijau sebagai isi utamanya.

Nagasari

Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras memang sangat beragam, seperti salah satu jajanan pasar ini. Selain tepung beras, bahan dasarnya berupa santan dan dibungkus daun pisang.

Di dalam nagasari berisi pisang dari berbagai macam jenis. Banyak penjual juga yang ingin meningkatkan nilai jual nagasari ini dengan menambah isi dan juga penyajiannya. Tentunya dengan variasi isi dan penyajian tersebut, kue ini semakin enak dan banyak diminati masyarakat.

Baca Juga :  5 Kuliner Malam Surabaya yang Memanjakan Lidah

Cenil

Kue khas ini ternyata berasal dari Kebumen, salah satu daerah di Jawa Tengah. Untuk membuatnya sangat sederhana, karena terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat lonjong dengan ukuran yang kecil. Hampir sama dengan pembuatan klepon, namun tanpa menggunakan isian.

Ciri khasnya tidak pernah digantikan, yaitu penyajian dengan kelapa yang diparut, kemudian ditaburi gula. Dari situlah ada beberapa penjual yang kreatif dengan mengkombinasikan parutan kelapa tersebut dengan berbagai macam topping. Seperti keju, coklat, seres, dan lain sebagainya.

Warna-warna cenil yang beragam membuatnya semakin tampak lebih cantik, dan menjadi jajanan yang populer sekarang.

Dengan banyaknya kreasi jajanan pasar tradisional tidak heran para peminat makanan tradisional semakin banyak. Sehingga membuat jajanan pasar ini tetap lestari dan nilai jualnya juga meningkat.

Itulah jajanan pasar tradisional  yang semakin populer di masyarakat karena dijual dengan kreatif. Selain untuk teman ngobrol yang lezat, Anda juga bisa membuat jajanan pasar tersebut sebagai ide kuliner kreatif sehingga menjadi peluang bisnis yang potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *